-->

Beberapa Bahan Untuk Meningkatkan Kualitas Kilap Pada Aplikasi Pengecatan

Pada beberapa jenis aplikasi pengecatan terkadang diinginkan hasil yang sangat mengkilap. Contoh yang paling mudah misalnya adalah pada pengecatan produk otomotif, seperti pada pengecatan sepeda motor atau mobil.
Semakin mengkilap hasil pengecatan semakin disukai, sebab sepeda motor atau mobil akan terlihat lebih wah...kinclong !

Untuk mendapatkan hasil pengecatan dengan kualitas kilap yang terbaik akan sangat dipengaruhi oleh banyak hal.
Mulai dari sistem atau metode pengecatan yang digunakan hingga pemilihan material yang akan digunakan. Untuk aplikasi pengecatan yang dilakukan sendiri – bukan pabrikan atau industri – dimana pilihan metode pengecatan yang bisa digunakan memang sangat terbatas, untuk mendapatkan hasil pengecatan dengan kualitas yang baik biasanya “diakali” dengan cara pemilihan jenis cat dan thinner tertentu.
Sebab beberapa jenis cat dan beberapa jenis thinner – terlepas dari metode pengecatan yang digunakan – memang bisa memberikan hasil pengecatan dengan kualitas kilap yang tinggi.

Sebagai contoh mudah, penggunaan thinner Super akan memberikan hasil pengecatan yang lebih mengkilap bila dibandingkan dengan menggunakan thinner A atau thinner B. dan seterusnya. Dan sebagai patokan mudah, secara sederhana penggunaan thinner yang lebih lambat kering ( lebih lambat penguapannya ) biasanya akan memberikan hasil pengecatan yang lebih mengkilap.

Namun terkadang, pemilihan dan penggunaan thinner tertentu untuk meningkatkan kualitas kilap pada pengecatan dirasa masih belum cukup.
Karena itulah terkadang kemudian digunakan “obat pengkilap” untuk meningkatkan kualitas kilap pada hasil pengecatan yang saat ini memang sudah banyak dijual di pasaran.
Biasanya obat pengkilap ini dijual dalam kemasan botol-botol plastik ukuran sangat kecil.

Cara ini memang tergolong cepat, mudah dan praktis.
Tinggal menambahkan “obat pengkilap” pada thinner yang akan digunakan dengan jumlah dan kompisisi yang ditentukan, lalu diaplikasikan untuk pengecatan.
Hasil pengecatan biasanya akan lebih mengkilap jika dibandingkan dengan penggunaan thinner tanpa obat pengkilap.

Namun menggunakan “obat pengkilap” akan menambah biaya pengecatan.
Sebab harga dari obat pengkilap ini rata-rata tidak murah.
Hanya beberapa mili liter obat pengkilap yang dikemas dalam botol plastik ukuran kecil, harganya bisa mencapai puluhan ribu rupiah.
Sedangkan obat pengkilap ini sebenarnya bisa dibuat sendiri.
Bahkan tidak usah dibuat, melainkan hanya tinggal mencampurkannya saja.
Yang terpenting, anda tahu bahan-bahan apa yang bisa digunakan untuk mengkilapkan hasil pengecatan. Dan enaknya, bahan-bahan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas kilap cat tersebut ada cukup banyak jenis dan golongannya. Jadi anda tinggal pilih salah satunya.
Karena itu dalam artikel ini dibahas tentang beberapa bahan untuk meningkatkan kualitas kilap pada aplikasi pengecatan.

Agar hasil pengecatan lebih mengkilap, anda bisa menggunakan beberapa bahan untuk meningkatkan kualitas kilap, berikut diantaranya :

- Dari golongan Hidrokarbon
Anda bisa gunakan TetrahydroNapthalene
- Dari golongan Keton
Anda bisa gunakan Metyhil Isobutil Keton ( MIBK ) dan Isophorone ( M3 ) untuk menambah kilap pada hasil pengecatan anda
- Dari golongan Glycol Ester
Dari golongan ini anda bisa gunakan Methyl Diglycol atau Buthyl Diglicol
- Dari golongan Alkohol
Sedangkan zat dari golongan Alkohol yang bisa digunakan untuk menambah kilap pada cat adalah Isobutanol, Ethyl Hexanol, Benzyl Alkohol, Cyclohexanol dan juga Diacetone Alkohol

Itulah beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kualitas kilap pada aplikasi pengecatan. Anda bisa pilih salah satunya tergantung ketersediaan bahan di kota anda.

Silahkan dicoba.
Lihat juga :

You may like these posts