-->

Formula Dan Cara Membuat Thinner Serbaguna Yang Murah ( High Solvency Thinner )

Untuk aplikasi pengecatan selalu dibutuhkan pengencer atau umum menyebutnya dengan thinner. Sedangkan cat sendiri ada berbagai macam jenis.
Karena itu pula di pasaran, ada berbagai macam jenis thinner. Misalnya thinner melamin, thinner PU, thinner super dan sebagainya. Dan idealnya untuk setiap penggunaan jenis cat digunakan thinner yang sejenis pula. Namun masyarakat terkadang ingin praktisnya saja.
Atau bahkan terkadang agak bingung untuk menggunakan thinner tertentu untuk cat tertentu. Mereka kadang ingin menggunakan suatu thinner yang bisa digunakan untuk apa saja.

Karena itu pada posting kali ini akan dibagi tentang formulasi dan cara membuat Thinner serbaguna dengan kelarutan tinggi yang murah meriah atau High Solvency Thinner.

Namun istilah serba guna bukan berarti thinner ini bisa digunakan pada semua jenis cat. Namun karena memiliki kelarutan yang tinggi ( high solvency ) maka thinner ini lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Langsung saja, bahan, formulasi dan cara membuat High Solvency Thinner

● Bahan dan komposisi untuk membuat High Solvency Thinner :
- Methyl ethyl ketone (MEK) = 30%
- Ethy acetate (EA) = 10%
- Butyl acetate (BA) = 20%
- Butyl alcohol (NBA) = 10%
- Toluene = 30%

● Cara membuat High Solvency Thinner:

- Siapkan sebuah wadah – disarankan terbuat dari stainless
- Masukkan dan campur semua bahan, satu persatu sedikit demi sedikit
- Aduk hingga tercampur rata

● Keterangan :
- Untuk menekan biaya hingga mampu bersaing dengan produk sejenis di pasaran – misalnya ketika dimaksudkan untuk dijual – pada formulasi di atas dapat ditambahkan dengan methanol atau juga dengan SBP hingga 30% volume.
- Semua bahan di atas bersifat mudah menguap, mudah terbakar dan mudah meledak. Karena itu hati-hati dalam penanganannya.

Lihat juga :

You may like these posts