-->

Formula dan Cara Membuat Thinner B Spesial

Salah satu jenis thinner yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam aplikasi pengecatan adalah thinner B.
Keunggulan utama dari Thinner B adalah selain harganya yang relatif lebih murah, thinner ini bisa digunakan pada hampir semua jenis cat. Meski hasilnya tentu saja tidak sebagus bila digunakan thinner yang memang sesuai dengan jenis catnya. Karena keunggulan inilah thinner B dapat dengan mudah ditemukan dan dijual pada hampir semua toko cat atau toko besi dan bangunan.
Sedangkan kekurangan utama dari thinner B adalah pada kualitas hasil pengecatan. Cat yang menggunakan thinner B umumnya akan lebih lama kering dan dengan hasil yang kurang mengkilap.

Mengingat begitu banyak dibutuhkannya thinner ini, maka kali ini akan dibagi tentang Formulasi dan Cara Membuat Thinner B. Tidak hanya thinner B biasa namun Thinner B Spesial.

Berikut bahan, formulasi dan cara membuatnya :

● Bahan dan komposisi thinner B spesial

- Toluene = 10%
- Xylene = 10%
- SBP = 80%

● Cara membuat thinner B spesial

- Siapkan sebuah wadah, akan lebih baik jika yang terbuat dari stainless
- Masukkan semua bahan satu persatu, sedikit demi sedikit ke dalam wadah
- Selama proses pemasukan dilakukan pengadukan
- Pengadukan terus dilakukan hingga semua bahan tercampur rata.
- Setelah tercampur rata thinner B spesial buatan sendiri siap dikemas atau dimasukkan ke dalam botol penampung untuk digunakan atau dijual

Satu hal yang harus menjadi perhatian adalah baik Toluene, Xylene maupun SBP merupakan bahan kimia yang mudah menguap dan mudah terbakar. Karena itu hati-hati dalam penanganannya.
Hindarkan dari terpaan panas langsung, sinar matahari, dari api dan jauhkan dari jangakauan anak-anak. Lihat juga :

You may like these posts