-->

2 Formulasi Terbaik Untuk Membuat Sanding Sealer Melamic Thinner

Pada posting sebelumnya telah dibagi tentang tata cara untuk membuat thinner melamin yang memiliki daya kilap tinggi atau high gloss melamic thinner.
Namun pada formulasi tersebut memang cenderung digunakan untuk aplikasi pengecatan secara umum. Sedangkan pada pengerjaan bahan yang menggunakan sanding sealer ( umumnya pada kayu ), meski menggunakan thinner melamin, seharusnya digunakan formulasi yang berbeda.
Namun untuk formulasi Sanding Sealer Melamic Thinner bahan yang digunakan pada dasarnya hampir serupa dengan high gloss melamic thinner.
Hanya saja keberadaan Butyl Cellosolve yang memang mampu menghasilkan daya kilap yang tinggi digantikan dengan Methanol.

Berikut 2 Formulasi Terbaik Untuk Membuat Sanding Sealer Melamic Thinner

:

1. Formulasi Sanding Sealer Melamic Thinner Pertama

● Bahan dan komposisi :
Xylene = 10%
Toluene = 10%
Butyl alcohol (NBA) = 10%
Metanol = 60%
Isopropyl alcohol (IPA) = 10%

● Cara pembuatan :
- Masukkan dan campur semua bahan di atas dalam sebuah wadah yang terbuat dari logam ( sangat dianjurkan dari Stainless steel )
- Aduk hingga rata

2. Formulasi Sanding Sealer Melamic Thinner Kedua

● Bahan dan komposisi :
Xylene = 5%
Toluene = 5%
Butyl alcohol (NBA) = 5%
Metanol = 80%
Isopropyl alcohol (IPA) = 5%

● Cara pembuatan :
- Masukkan dan campur semua bahan di atas dalam sebuah wadah yang terbuat dari logam ( sangat dianjurkan dari Stainless steel )
- Aduk hingga rata Semua bahan yang digunakan di atas berbentuk cairan, dengan sifat dan karakteristik yang mudah menguap, mudah terbakar dan mudah meledak.
Karena itu hati-hati dalam penanganannya. Jauhkan dari kontak sinar matahari atau panas secara langsung. Jauhkan dari api, jauhkan dari jangkauan anak, dan hindari agar tidak terhirup uapnya.

Lihat juga :

You may like these posts