-->

Formula Dan Cara Membuat Wood Stain Berbasis Air (Water-based Wood Stain )

Apa itu wood stain ?

Secara sederhana Wood Stain adalah suatu bahan yang digunakan untuk memberi warna pada permukaan kayu, baik secara langsung ( disebut staining) maupun secara tidak langsung ( disebut toning ), namun dalam hal ini tanpa menutup serat kayu.

Sehingga meski permukaan kayu diwarnai ( dengan warna tertentu ) tetapi tekstur dari serat kayu tetap terlihat secara jelas atau transparan.
Secara garis besar, wood stain merupakan sebuah pewarna dyestuff yang berbahan Aniline yang dilarutkan dalam suatu media tertentu.
Dyestuff sendiri dapat didefinisikan sebagai bahan pewarna yang berbentuk bubuk ( padat ) yang biasanya digunakan untuk bahan Naphtol.
Umum menyebutnya sebagai “wenter”.

Jenis-jenis Wood Stain

Pada proses pelarutannya, Dyestuff sendiri ada yang lebih sesuai jika dilarutkan dalam air ( disebut water-soluble), atau dalam alkohol atau ada pula yang lebih optimal jika dilarutkan di dalam suatu solvent ( disebut solvent soluble ) .
Sehingga dalam hal ini, pada alikasinya, dikenal ada ada dua jenis wood stain ,yaitu :
1. Wood Stain yang berbasis air atau water based wood stain
Yaitu wood stain yang menggunakan dyestuff yang larut dalam air
2. Wood stain yang berbasis media pelarut solvent atau solvent based wood stain
Yaitu wood stain yang menggunakan dyestuff yang larut dalam pelarut atau solven

Untuk aplikasi formulasinya, Dyestuff sendiri tersedia dalam berbagai pilihan warna. Dan dapat dikombinasikan untuk mendapatkan jenis warna yang diinginkan.

Pada artikel ini akan diberikan contoh formulasi dan cara membuat wood stain yang berbasis air atau water based wood stain.

Dalam contoh berikut merupakan sebuah formulasi water based wood stain yang baku sebanyak 1 liter. Sehingga anda dapat merubah sendiri sesuai kebutuhan.

Bahan-bahan Water-based Wood Stain

Air = 800 ml
Methyl ethyl glycol (M E G) = 150 ml
Isopropyl alcohol (IPA) = 50 ml
Dyesstuff (water-soluble) = 50 gram

Prosedur pembuatan Water-based Wood Stain :

- Siapkan sebuah wadah yang dilengkapi dengan pengaduk ( mixer ). Sangat disarankan yang memiliki kecepatan tinggi, sehingga proses pencampuran lebih sempurna
- Masukkan air
- Tambahkan MEG sedikit demi sedikit, aduk rata
- Tambahkan IPA sedikit demi sedikit, aduk rata
- Masukkan dyestuff ( warnanya sesuai yang dikehendaki ) sedikit demi sedikit sambil diaduk rata sehingga benar-benar tercampur sempurna ( Jawa : tidak mblentong-mblentong ).
- Anda bisa mengecek kesempurnaan warnanya dengan cara mengoleskannya kepada kayu atau tripleks, kemudian membandingkannya dengan warna dari produk lainnya.
- Terakhir, saring dengan menggunakan screen atau kertas saring yang halus (bisa digunakan screen untuk sablon atau yang berbahan stainless steel)

Keterangan:
- dyestuff yang digunakan harus yang larut dalam air (water-soluble )
- dyestuff yang digunakan bisa berupa dyestuff warna tunggal ataupun dyestuff campuran beberapa warna yang dikomposisikan untuk mendapat warna tertentu.

Lihat juga :

You may like these posts