-->

Beberapa Jenis Tinta Plastisol Yang Beredar Di Pasaran Dan Fungsinya

Pada posting sebelumnya telah dibahas tentang formulasi dan tata cara untuk membuat plastisol.
Jika belum lihat bisa dilihat di bawah ini :

Bagi yang telah lama berkecimpung di dunia cetak mencetak atau penyablonan tentu sudah sangat akrab tentang apa itu plastisol dan apa saja jenisnya. Hanya saja yang belum atau yang baru akan berkecimpung di dunia cetak mencetak tentu agak bingung dengan adanya berbagai jenis tinta plastisol yang akan digunakan.

Karena itu dalam artikel ini akan dibahas tentang berbagai macam jenis plastisol yang beredar di pasaran saat ini. Diantaranya adalah :

1. Plastisol Color Mixing System.
Tinta plastisol jenis ini terdiri dari beberapa warna yang dapat dicampur satu sama lainnya menjadi satu dari untuk menghasilkan suatu warna tertentu.
Plastisol Color Mixing System umumnya tersedia dalam 5 pilihan warna primer, yaitu :
- warna putih
- warna hitam
- warna merah
- wana kuning
- dan warna biru
Pencampuran dari warna-warna primer inilah yang nantinya akan menghasilkan warna sekunder yang dikehendaki.
Namun demikian di pasaran terdapat juga plastisol warna-warna lainnya, seperti : fluorescent merah, kuning, biru, pink, dan ungu.

2. Process Inks.
Plastisol jenis ini umumnya digunakan untuk penyablonan separasi dengan cara wet on wet ( basah ditimpa basah). Di pasaran plastisol Process Inks umumnya tersedia dalam pilihan warna Cyan, Magenta,Yellow, dan Black.

3. Tinta plastisol Putih
Tinta plastisol putih umumnya digunakan sebagai tinta dasar (underbase), atau juga digunakan untuk penyablonan yang berwarna putih.

4. Tinta Plastisol Clear atau bening
Tinta plastisol clear atau bening ini umumnya digunakan sebagai media glitter, metalic,caviar beads, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jenis tinta plastisol yang beredar di pasaran

.
Jadi anda tinggal memilih salah satunya disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya. Atau kebutuhan anda. Dan agar pengaplikasian plastisol ini dapat memberikan hasil yang optimal sebaiknya tahu mekanisme dan cara kerja dari tinta plastisol.
Yang dapat disimak di bawah ini :

You may like these posts