-->

Cara Membuat Pelembut Pakaian Atau Softener Yang Bagus

Tentang tata cara pembuatan softener atau pelembut pakaian sebenarnya sudah pernah diposting sebelumnya. Dan dalam posting tersebut dibahas tentang tata cara pembuatan softener dengan cara yang sederhana. Jika belum lihat sebaiknya simak dulu dibawah ini :

Dengan makin maraknya produk sejenis di pasaran dan makin beragamnya tuntutan pemakai, maka dirasa perlu untuk berbagi tentang tata cara pembuatan pelembut pakaian / softener yang lebih bagus.
Pada prinsipnya memang begitu banyak bahan, komposisi dan cara yang dapat digunakan untuk membuat sebuah produk pelembut pakaian / softener.

Dan untuk membuat pelembut pakaian / softener yang bagus salah satunya dapat digunakan bahan, komposisi dan tata cara pembuatan di bawah ini.

● Bahan dan komposisi untuk membuat pelembut pakaian yang bagus :

Softener flake = 50 gram
Air panas = 1 liter
Air dingin = ½ liter
Gliserin = 5 ml
Parfum = 5 ml
Alkohol = 5 ml

● Cara membuat pelembut pakaian yang bagus :

- Siapkan air sebanyak 1 liter, didihkan
- Setelah mendidih tambahkan softener flake sedikit demi sedikit sambil diaduk, pastikan agar semua softener flake larut sempurna, tidak menggumpal dan merata
- Setelah terbentuk larutan yang rata, matikan pemanas
- Tambahkan air dingin sebanyak ½ liter, dan diamkan beberapa saat
- Dalam wadah lainnya, campurkan alcohol, gliserin dan parfum sampai rata
- Setelah rata tambahkan ke dalam campuran pertama dalam keadaan dingin
- Produk pelembut pakaian telah siap

● Keterangan :
- Bahan yang paling berperan untuk pelembut pakaian adalah softener flake.
Anda dapat “bermain” komposisi bahan ini jika ingin menghendaki. Namun yang perlu diingat, jika komposisi softener flake terlalu tinggi, produk pelembut pakaian yang dihasilkan akan sangat kental bahkan cenderung menggumpal.
- Gliserin berfungsi sebagai fixative atau pengikat. Anda bisa juga gunakan bahan sejenis lainnya.
- Ketika menggunakan produk pelembut pakaian, para ibu yang pertama dan paling diingat biasanya adalah aromanya. Karena itu sebaiknya gunakan parfum (ekstrak ) yang berkelas.
Alkohol hanya berfungsi sebagai pelarut parfum.

You may like these posts

  1. kenapa ya bos saya pakai resep anda hasilnya tidak tahan lama,hasil dapat 3 hari bau menjadi kecut dan softener menjadi berbusa