-->

Formula dan Cara Membuat Bahan Anti Karat Untuk Besi Paling Sederhana

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, besi merupakan salah satu material yang paling penting dan paling banyak digunakan dalam bidang keteknikan dan konstruksi.
Dengan kelebihan yang dimilikinya, besi bahkan biasanya menjadi pilihan yang pertama. Terlebih lagi, harga kayu saat ini melambung tinggi.

Hanya saja besi juga memiliki kelemahan. Kelemahan terbesar dan terutama dari besi adalah masalah karat.Karat sendiri dapat terjadi karena disebabkan oleh banyak hal.
Namun penyebab karat yang paling utama adalah adanya kombinasi yang tidak seimbang antara keberadaan uap air dan udara ( oksigen ), disamping masalah lainnya, seperti keasaman dan atau kebasaan.

Untuk memanipulasi atau melindungi besi dari perkaratan, pada bidang teknik biasanya diaplikasikan satu bahan yang biasa disebut dengan anti karat.

Banyak sekali bahan dan formulasi yang bisa digunakan sebagai anti karat pada besi.

Dan salah satu bahan anti karat yang paling sederhana dan paling mudah dibuat adalah sebagaimana formulasi yang di bawah ini :

● Bahan dan formulasi untuk membuat bahan anti karat besi :

Asam sulfat = 0.55 liter
Pirolusite = 1 liter

● Cara pembuatan bahan anti karat besi :

Cukup campurkan kedua bahan di atas, dan aduk sampai rata.

● Cara penggunaan bahan anti karat besi

Untuk menggunakan bahan anti karat besi di atas bisa diaplikasikan dengan cara penguasan dan atau menyelupkan bahan ( besi ) yang akan dilindungi ke dalam larutan sampai rata.

Lihat juga cara pembuatan anti korosi lainnya :

You may like these posts