-->

Cara Membuat Lem Putih Berdaya Rekat Tinggi Yang Ekonomis

Sebenarnya penyebutan masyarakat untuk Lem Putih, hanyalah untuk kemudahan saja. Yaitu dengan melihat warnanya yang putih. Padahal, untuk penyebutan sebuah lem “seharusnya” yang lebih pas adalah didasarkan bahan penyusun utamanya.

Namun, bisa jadi penyebutan masyarakat terhadap lem putih, mungkin ada sedikit benarnya juga. Sebab meski lem putih yang biasa ditemui di pasaran bahan penyusun utamanya berupa Polyvinyl Acetat ( PVAc ) – dan beberapa orang memang ada yang menyebutnya langsung sebagai lem PVAc - namun dalam lem putih, tidak sepenuhnya murni PVAc.
PVAc memang merupakan komponen mayoritas dalam lem putih, namun di dalamnya juga banyak ditambahkan bahan lainnya untuk pengisi ( filler ) ataupun bahan lain untuk tujuan lainnya pula.
Sedangkan untuk lem PVAc yang lebih murni, komposisinya dapat dilihat di bawah ini :

Lem PVAc yang “murni” – murni disini, dimaksudkan sebagai lem PVAc dengan kandungan resin solid sekurangnya 55 % ke atas - sendiri memang agak jarang dijual di pasaran umum.

Lem PVAc yang “murni” biasanya dijual atau didistribusikan kepada industri besar, pabrikan pengguna, ataupun pengecer besar. Yang kemudian mengoplosnya sendiri menjadi sebuah lem putih yang kemudian dijual di pasaran.
Itulah sebabnya harga lem putih di pasaran lebih murah jika dibanding dengan harga lem PVAc itu sendiri.

Masalahnya, untuk mendapatkan untung yang lebih besar terkadar ada pengecer yang agak nakal. Menjual lem putih yang dioplos secara sembarangan.
Sehingga meski harganya menjadi murah, namun daya rekatnya jauh berkurang.

Jika anda butuh jaminan tentang daya rekat lem putih yang akan anda gunakan, sebenarnya anda bisa “mengoplosnya “ sendiri. Atau malah anda bisa menjadikannya sebagai salah satu usaha rumahan. Produksi rumahan dengan membuat dan menjual lem putih, yang “dioplos” dari lem PVAc ( murni ).

Untuk membuat lem putih yang ekonomis namun memiliki daya rekat yang tinggi dan ditujukan untuk penggunaan umum, anda bisa menggunakan bahan di formulasi di bawah ini.

● Bahan dan formulasi untuk membuat lem putih yang berdaya rekat tinggi dan ekonomis

PVAc emulsi, 55 % solid, diutamakan berbasis PVA = 100
Plasticizers = 10 – 50
Clay filler = 0 – 30
Tepung pati atau detrin yang dimasak = 0 – 1000
Preservative = 0 – 2
Stabilizers = 0 – 2
Wetting Agent = 0 – 0,2
Air = 0 – 100 Defoamer = 0 – 2
Reodorant = 0 – 2

Dalam formulasi di atas memang sengaja disajikan dalam range ( rentang jumlah ). Hal ini dimaksudkan agar anda dapat berkreasi dan berinovasi sendiri menurut spesifikasi lem putih yang akan anda kehendaki.

You may like these posts