-->

Cara Membuat Lem Pati Berkekuatan Tinggi

Salah satu jenis lem atau perekat yang diketahui telah begitu popular dan digunakan secara luas dalam masyarakat adalah lem pati (kanji). Lem ini biasanya digunakan untuk merekatkan / mengelem kertas. Dimana untuk membuat lem pati ( kanji), secara tradisional dilakukan dengan memanaskan suatu larutan pati dengan konsentrasi tertentu di atas pemanas api. Sehingga dicapai kondisi kekentalan dan kerekatan tertentu pula.

Proses pembuatan lem pati untuk kertas ( lem kertas ) yang biasa dilakukan masyarakat secara konvensional ini memang tergolong cukup cepat dan cukup mudah.
Hanya saja cara pembuatan lem pati dengan proses pemanasan larutan pati secara konvensional ini mempunyai beberapa kelemahan,terutama pada daya tahan dan masa pakai ( self life ) lem relative lebih singkat serta kekuatan rekat dari lem yang juga relatif lebih rendah.

Untuk membuat sebuah lem pati dengan kekuatan rekat yang lebih tinggi, sebenarnya bisa dilakukan dengan penambahan beberapa bahan tertentu ke dalamnya. Disamping cukup mudah dan murah untuk dilakukan, beberapa bahan tambahan yang dimasukkan ke dalam lem pati, bisa mendongkak kualitas dari lem. Sehingga lem pati ini nantinya tidak hanya bisa digunakan sebagai lem kertas saja namun juga bisa digunakan untuk perekatan kayu yang tidak dibutuhkan kekuatan terlalu besar.

● Bahan dan Formulasi untuk Membuat Lem Pati Berkekuatan Tinggi

Pati ( kanji ) = 100
Sodium Hidroksida = 3.2
Urea = 24
Air = 300

● Cara Membuat Lem Pati Berkekuatan Tinggi

- Panaskan air sampai mendidih - setelah mendidih ambil sekitar ¼ nya, gunakan untuk melarutkan Sodium Hidroksida
- ambil ¼ nya pula untuk melarutkan urea
- tambahkan pati secara sedikit demi sedkit sambil diaduk pada jumlah air yang tersisa
- setelah pati larut sempurna, tambahkan larutan sodium hidroksida dan larutan urea ke dalamnya
- lakukan penambahan secara berbarengan, sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
- proses pembuatan dapat dihentikan setelah didapatkan massa lem yang cukup kental dan mempunyai kerekatan tinggi

Keterangan :
- Yang perlu diperhatikan adalah saat penambahan Sodium Hidroksida dan Urea. Tidak boleh ditambahkan secara sekaligus, karena akan menghasilkan massa yang menggumpal dan tidak berguna untuk perekatan
- Untuk meningkatkan kualitas lem, dapat digunakan Tepung maizena atau tepung jagung.

Sebagaimana disampaikan pada uraian di atas, lem ( perekat ) yang berasis pati sebenarnya tidak hanya digunakan untuk lem kertas saja, namun bisa digunakan juga untuk berbagai material lainnya, misal untuk lem kayu dan sebagainya.
Dan insya allah akan dishare pada posting-posting selanjutnya.
Namun jika saat ini anda butuh cara pembuatan lem yang lainnya bisa dilihat dibawah ini :

You may like these posts