-->

Cara Membuat Bahan Pembersih Radiator dan Cooling Tower

Pada suatu sistem pendinginan yang berjalan secara kontinyu dan terus menerus, karena air akan diputar, disirkulasi dan dipergunakan secara terus menerus, maka pada suatu saat akan timbul endapan dan kerak. Terlebih, jika bahan perantara yang dipergunakan berupa metal atau logam.

Disamping akan timbul endapan dan kerak juga akan timbul proses perkaratan.

Contoh proses pendinginan seperti ini yang paling sederhana adalah pada cooling tower( menara pendingin ) atau yang paling umum dan dikenal adalah pada radiator ( mobil ).

Karena terjadi endapan, kerak dan karat, maka pada waktu tertentu bahan yang menjadi perantara / pembawa perlu dibersihkan.
Sebab apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, maka bahan perantara akan menjadi tebal dan sempit karena endapan dan kerak.
Serta keropos karena proses perkaratan.

Ada banyak sekali bahan-bahan kimia yang bisa dipergunakan untuk tujuan di atas.
Lihat juga :

Dari sekian banyak bahan yang bisa dipergunakan untuk membersihkan Radiator dan Cooling Tower, beberapa bahan berikut bisa dipergunakan untuk tujuan tersebut.

Bahan-bahan berikut selain sudah umum dan mudah untuk didapatkan, harganya juga relative terjangkau. Namun demikian daya kerjanya sangat bisa diandalkan.

● Bahan dan formulasi untuk membuat Pembersih Radiator dan Cooling Tower

Trisodium Phosphate = 10
Sodium Alginate = 20
Soda Ash = 70

Aksi terbesar dalam membersihkan endapan dan kerak diberikan oleh Trisodium Phospat dan Soda Ash. Aksi pertama dikerjakan oleh Soda Ash yang akan melunakkan dan membabat endapan dan kerak. Trisodium Phosphat kemudian akan melarutkan endapan dan kerak yang telah dibabat oleh Soda ash. Sedangkan sodium Alginat akan menjaga endapan dan kerak yang telah dibabat oeh aksi semula tetap dalam bentuk yang mudah dibuang.

● Cara membuat bahan Pembersih Radiator dan Cooling Tower

- larutkan ketiga bahan di atas dalam 1 juta bagian air
- panaskan sampai tercampur dengan baik dan terbentuk campuran seperti lumpur
- setelah terbentuk seperti lumpur turunkan dari pemanas
- biarkan sampai dingin

● Cara menggunakan bahan Pembersih Radiator dan Cooling Tower

Sebagai contoh, agar radiator selalu bersih bisa digunakan bahan Pembersih Radiator dan Cooling Tower di atas dengan mencampurkannya dalam air pendingin / air radiator dengan perbandingan 1 : 1.

Sebaiknya lihat juga :

Semoga bermanfaat.

You may like these posts