-->

Bagaimana Cara Membuat Pengharum Ruangan ( Air Freshener ) ?

Karena perkembangan jaman, sebuah kenyamanan dibutuhkan dimana saja. Tidak hanya di dalam ruangan rumah, kantor atau tempat sejenisnya yang berbau harum, bahkan sebuah kamar mandi atau toilet, saat ini juga “dituntut” berbau harum.
Dan bagi yang mobil, suka berpergian, kendaraan sebagai sarana utamanya dikehendaki berbau harum juga. Memang tidak salah. Sebab bau harum, disamping membuat betah berlama-lama, juga dapat menenangkan pikiran dan dapat meningkatkan kinerja.

Dan jika diamati, bau harum yang tersebar semerbak di dalam rumah, kantor, mobil atau bahkan toilet ternyata bersumber dari sebuah barang kecil yang cukup sederhana. Sebuah pengharum ruangan.
Atau Air freshener.

Dulu, ketika jaman belum terlalu berkembang, untuk mengharumkan sebuah ruangan masih digunakan cara-cara yang alami.
Yaitu dengan menempatkan tumbuhan dan atau bunga-bungaan dalam ruangan. Lalu kemudian dilakukan dengan cara membakar sebuah benda yang dapat memancarkan aroma harum, seperti kemenyan, ratus dan sebagainya.

Perkembangan jaman, menuntut adanya cara yang lebih mudah dan praktis untuk bisa mengharumkan ruangan. Sehingga muncullah pengharum ruangan dengan cara disemprot atau spray.
Karena cara ini dianggap boros dan juga aroma harum dalam ruangan tidak dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, akhirnya dikembangkan pengharum ruangan yang dapat melepaskan dan memancarkan aroma harum, secara merata, terus-menerus namun tidak cepat habis.
Itulah awalnya dikenal air freshener.

Saat ini kebutuhan masyarakat akan air freshener ini begitu menakjubkan. Selalu meningkat dari tahun ke tahun.
Ini mungkin bisa terjadi karena tingkat ekonomi hidup masyarakat yang makin membaik.
Dari sisi tingginya kebutuhan itulah, memproduksi pengharum ruangan ( air freshener ) bisa merupakan salah satu lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

Sedangkan bila ditinjau dari persaingan produsen pasar, tidaklah seketat bila dibandingkan dengan produk-produk rumah tangga lainnya. Sabun mandi, detergen powder, atau pasta gigi misalnya.
Dan terlebih lagi untuk membuat dan memproduksi air freshener dapat dilakukan melalui proses yang sangat sederhana. Serta tanpa butuh peralatan yang begitu mahal.

Nah jika anda tertarik untuk memulai dan membuka usaha dengan memproduksi air freshener, artikel tentang Cara Membuat Pengharum Ruangan ( Air Freshener ) ini mungkin bisa sedikit membantu.

● Bahan dan formulasi untuk membuat Air freshener


Parfum seperlunya
Alkohol 20 ml
Nonyl Phenol 5 ml
Aquadest 75 ml
Pewarna seperlunya

● Cara membuat air freshener

- parfum dilarutkan ke dalam alcohol
- tambahkan Nonyl Phenol, lalu aduk sampai homogen
- tambahkan aquadest
- tambahkan pewarna bila perlu
- kemas dalam wadah yang menarik

Sangat mudah bukan ?

Komponen utama tentunya adalah parfum itu sendiri.
Anda dapat memilih dan menentukannya berdasarkan selera pasar. Untuk ruangan biasanya dipilih parfum yang beraroma segar ( lemon, jeruk dan sebagainya ).
Alkohol hanya berfungsi sebagai pelarut.
Sedangkan air disamping untuk memperlambat penguapan juga menurunkan biaya.
Peran utama agar parfum secara lambat namun konstant menebarkan aroma adalah Nonyl Phenol. Sebab ia menghambat laju penguapan.
Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat.
Atau mencoba yang ini :
> Bahan, resep dan cara membuat pengharum ruangan padat beraroma jeruk

You may like these posts