-->

Bagaimana Cara Membuat Minuman Penambah Tenaga ?

Pasti sudah kenal apa itu minuman penambah tenaga. Yang kalau lihat di iklannya digambarkan sebagai minuman penambah tenaga, minuman joss dan minuman yang bisa membuat “rosa”.

Sehingga minuman jenis ini sering kali dipakai sebagai “doping”. Biar betah terjaga dan tidak tidur semalaman.
Makanya minuman jenis ini sangat akrab bagi mereka yang begadang. Para pengemudi antar kota utamanya.
Meski pada dasarnya ( aslinya ), minuman penambah tenaga bukanlah doping. Karena minuman penambah tenaga adalah larutan isotonik. Dan sesuai namanya, “iso” adalah bahasa latin dari kata “sama”. Dan “tonik” berarti cairan.

Sehingga jika diterjemahkan secara bebas isotonic adalah minuman yang jika diminum akan memberikan kondisi dan komposisi yang hampir sama dengan cairan dalam tubuh.

Karena larutan isotonic, komposisi dan formulasinya biasanya mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan dan hampir serupa dengan cairan di dalam tubuh.
Di alam, cairan atau larutan yang hampir serupa dengan minuman isotonic adalah air kelapa.

Itulah sebabnya pula ketika minuman penambah tenaga dikonsumsi, ketika sudah masuk ke dalam tubuh peminumnya, tubuh serasa segar kembali. Sebab mineral yang hilang karena aktivitas dengan segera tergantikan oleh mineral yang terkandung di dalam minuman ini.

Namun karena perkembangan dan tuntutan pasar, minuman penambah tenaga– yang dikatakan isotonic – yang banyak beredar di pasaran saat ini, memang ditambahkan beberapa bahan yang bisa berfungsi sebagai doping.
Dan karena khasiatnya yang digambarkan sebagai bisa menjadikan lebih “Jozz” dan membuat “rosa” minuman sejenis ini laris bagaikan kacang goreng.

Pada komposisi dan formulasi “aslinya” minuman isotonic memang mengandung bahan yang bisa membangkitkan tenaga.

Sebab penyusun utamanya memang dari keluarga gula, yaitu glukosa dan fruktosa.
Minuman / larutan isotonic juga mengandung berbagai macam bahan mineral yang dibutuhkan tubuh, antara lain : Kalium Monophospat, Na Chlorida, Na Sitrat, serta Kalium Chlorida .
Sedangkan efek segar di mulut diberikan oleh bahan cita rasa jeruk

Jadi minuman minuman penambah tenaga pada dasarnya sangat sederhana.

Dan jika memang tertarik untuk membuat minuman penambah tenaga sendiri, anda bisa menggunakan formulasi dan cara yang berikut ini :

● Bahan dan formulasi minuman penambah tenaga


Bahan dan formulasi untuk membuat minuman penambah tenaga selengkapnya dapat dilihat disini : Peluang usaha prospektif membuat minuman isotonik

● Cara membuat minuman penambah tenaga

Cara pembuatan minuman penambah tenaga sangat mudah dan sederhana. Semudah membuat secangkir kopi. Tinggal campurkan semua bahan di atas, lalu aduk sampai benar-benar rata.

Semua bahan-bahan untuk membuat minuman penambah tenaga di atas dapat dengan mudah anda dapatkan di toko-toko bahan makanan dan atau toko bahan kimia di kota anda. Dan anda bisa membelinya dalam jumlah eceran.

Jika tertarik silahkan coba.
Hanya saja jika berniat dijadikan komoditi produksi rumah tangga, sebaiknya dipilih kemasan yang unik dan menarik. Sehingga mampu bersaing dengan produk sejenis lainnya.

Atau mungkin anda tertarik ingin membuat produksi rumahan yang lainnya, seperti produk ini misalnya : Cara membuat minuman berkarbonatasi ala Sprite

Semoga bermanfaat.

You may like these posts